Anak SYL Beli Tiket Pesawat Kelas Bisnis hingga Kue Ultah Pakai Uang Kementan

**Judul Parafrase untuk SEO:**

* Anak Mantan Menteri Indikasi Penyalahgunaan Dana Kementan: Tiket Pesawat Bisnis dan Kue Ultah Mewah
* Skandal Keuangan di Kementan: Pengadaan Mewah Anak Mantan Menteri Terbongkar
* Pembelian Mewah dengan Dana Kementan: Tiket Bisnis dan Kue Ultah Jadi Sorotan
* Dugaan Penyalahgunaan Dana Publik di Kementan: Anak Eks Menteri Terlibat
* Audit Kementan Ungkap Pembelian Tiket dan Kue Mewah oleh Anak Mantan Menteri, Indikasi Penyelewengan

Sidang Gratifikasi dan Pemerasan: Protokol Menteri Pertanian Ungkap Pembelian Tiket Pesawat Keluarga Menteri

Jakarta – Persidangan kasus gratifikasi dan pemerasan yang menjerat mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) kembali digelar. Jaksa KPK menghadirkan Rininta Octarini, Protokol Menteri Pertanian di era SYL, sebagai saksi.

Dalam persidangan tersebut, Rini mengungkapkan adanya permintaan pembelian tiket pesawat untuk keluarga SYL. Permintaan tersebut disampaikan oleh Indira Chunda Thita, anak SYL yang juga anggota DPR fraksi NasDem, dan Andi Tenri Bilang Radisyah, cucu SYL.

Cara Permintaan Pembelian Tiket

Rini mengungkapkan bahwa terdapat dua cara permintaan pembelian tiket tersebut. Pertama, Thita berkomunikasi langsung dengan Rini. Kedua, permintaan disampaikan melalui Panji, ajudan SYL saat itu.

Sumber Dana Pembelian Tiket

Pembelian tiket untuk Thita dibebankan kepada Dirjen Tanaman Pangan Kementan. Sementara itu, pembelian tiket untuk Tenri dibebankan kepada Biro Umum Kementan.

Frekuensi Pembelian Tiket dan Kelas Pesawat

Rini tidak dapat mengingat secara pasti frekuensi pembelian tiket untuk Thita. Namun, ia memastikan bahwa pembelian dilakukan lebih dari sekali. Adapun kelas pesawat yang diminta Thita adalah kelas bisnis dengan tujuan ke Makassar.

Alasan Pemenuhan Permintaan

Rini menjelaskan bahwa ia memenuhi permintaan pembelian tiket karena menerima arahan langsung dari Thita melalui WhatsApp. Namun, ia tidak mengetahui apakah pembelian tersebut sepengetahuan SYL atau tidak.

Permintaan Tambahan

Selain pembelian tiket pesawat, Rini juga menerima permintaan lain dari Thita, yakni pembelian karangan bunga dan kue ulang tahun. Permintaan tersebut juga disampaikan melalui WhatsApp. Pembelian karangan bunga dan kue ulang tahun dibebankan kepada Rumah Tangga Pertanian (RTP).

Dakwaan Syahrul Yasin Limpo

Dalam kasus ini, SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Ia didakwa bersama dua eks anak buahnya, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *