Dukungan Pengembangan Esport Indonesia oleh American Corner

**Judul Berita Parafrase dengan Teknik SEOSEOAS:**

Dukungan Penuh American Corner untuk Pengembangan Esport Nasional

American Corner Jadi Pintu Gerbang Kemajuan Esport Indonesia

American Corner dan SEAOAS Bersatu Bangun Ekosistem Esport yang Kuat

Esport Indonesia Meroket dengan Bantuan American Corner

Amerika Serikat Dukung Pengembangan E-sports Indonesia Melalui Program American Corner di Kampus

Jakarta, 2023 – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan dukungannya terhadap pengembangan e-sports di Indonesia melalui program American Corner yang telah hadir di sembilan kampus di seluruh negeri. Hal ini disampaikan oleh Public Affairs Officer Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Joshua Shen.

Shen menekankan bahwa e-sports tidak lagi dianggap sekadar olahraga atau permainan, melainkan telah menjadi wadah ekonomi kreatif yang mengalami pertumbuhan pesat. Oleh karena itu, AS sangat mendukung perkembangan e-sports di Indonesia.

“Kami ingin berbagi standar dari Amerika Serikat, bagaimana caranya menemukan pekerjaan dan karir, apa saja, shortcasting, produksi, pengurusan, coaching, nutrisi, makanan, turnamen, fundraising, seperti layaknya perusahaan,” kata Shen usai menjadi pembicara dalam Scholastic & Academic Esports Bootcamp di Jakarta pada Selasa.

Dukungan pemerintah AS difokuskan pada pembangunan ekosistem e-sports yang kuat, khususnya bagi para pemain, sehingga dapat memberikan keuntungan finansial. Di sembilan perguruan tinggi yang bermitra dengan program American Corner, antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Andalas, dan Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, mahasiswa dapat mengikuti berbagai program, termasuk sertifikasi coaching dan referee yang diakui secara nasional.

“Kami memiliki berbagai partnership di negara AS, di mana sekarang ada 140 atau mungkin 150 universitas yang berbeda yang menawarkan pendapatan esports,” kata Joshua.

Scholastic & Academic Esports Bootcamp merupakan kerja sama antara Akademi Garudaku, Network of Academy and Scholastic Esports Federations (NASEF), dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan e-sports sebagai olahraga akademik dan membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkarier di industri e-sports.

Peluang Karir dalam E-sports

Program American Corner di sembilan kampus di Indonesia memberikan mahasiswa akses ke berbagai peluang karir dalam e-sports, di antaranya:

* Coaching: Memandu dan melatih pemain e-sports untuk meningkatkan keterampilan mereka.
* Referee: Mengawasi turnamen e-sports dan memastikan permainan berlangsung adil.
* Shortcasting: Memberikan komentar langsung selama pertandingan e-sports.
* Produksi: Mengelola aspek teknis produksi siaran e-sports.
* Pengurusan: Mengelola perjalanan, akomodasi, dan logistik pemain dan tim e-sports.
* Nutrisi dan makanan: Memberikan saran dan bimbingan mengenai nutrisi dan pola makan yang optimal untuk pemain e-sports.
* Penggalangan dana: Mencari sponsor dan dukungan keuangan untuk tim dan acara e-sports.

Kerja Sama dengan Universitas

Program American Corner di sembilan kampus di Indonesia bekerja sama dengan universitas untuk menawarkan:

* Sertifikasi coaching dan referee: Mahasiswa dapat memperoleh sertifikasi yang diakui secara nasional sebagai pelatih dan wasit e-sports.
* Kursus e-sports: Universitas dapat menawarkan kursus dan program akademik yang berfokus pada e-sports.
* Fasilitas e-sports: Kampus dapat menyediakan fasilitas e-sports yang canggih untuk latihan dan kompetisi.

Dampak Positif bagi E-sports Indonesia

Dukungan pemerintah AS dan program American Corner diharapkan memberikan dampak positif bagi perkembangan e-sports di Indonesia, antara lain:

* Peningkatan Skill Pemain: Melalui sertifikasi dan pelatihan, pemain e-sports Indonesia akan memiliki keterampilan yang lebih baik.
* Pertumbuhan Industri: Program ini akan mendukung pertumbuhan industri e-sports Indonesia, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang ekonomi.
* Pengakuan Internasional: Sertifikasi dan pengakuan dari Amerika Serikat akan meningkatkan kredibilitas e-sports Indonesia di mata dunia.

Dalam penutupnya, Joshua Shen menyatakan, “Kami ingin mendukung pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia sehingga dapat menjadi kekuatan global. Kami yakin bahwa melalui kolaborasi dan berbagi pengetahuan, kami dapat membantu Indonesia mencapai tujuan esports mereka.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *