Memfasilitasi Manajemen Sumber Daya Air Berkelanjutan di Indonesia

**SEOBRIN Luncurkan Portal SI Danau: Perkuat Manajemen Air Berkelanjutan di Indonesia**

Sistem Informasi Danau (SI Danau): Portal Komprehensif untuk Pelestarian Danau Indonesia

Jakarta – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional telah meresmikan peluncuran Sistem Informasi Danau (SI Danau) pada ajang World Water Forum ke-10 di Nusa Dua Bali. Portal berbasis web ini bertujuan untuk menyediakan informasi komprehensif tentang danau di Indonesia, memfasilitasi pengelolaan dan pelestarian yang efektif.

Platform Terpadu untuk Informasi Danau

Kepala Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN, Hidayat, menekankan pentingnya platform terpadu untuk mengumpulkan dan berbagi informasi tentang danau. Dengan begitu, berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, pemerintah pusat, masyarakat, dan peneliti, dapat mengakses data yang akurat dan terkini.

SI Danau berfungsi sebagai basis data yang komprehensif, memuat hasil pemantauan, pengukuran, dan penelitian tentang danau di Indonesia. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis dan evaluasi mendalam terkait kondisi danau.

Mandat Perpres untuk Pelestarian Danau

Peresmian SI Danau merupakan bagian dari mandat yang diberikan oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau. BRIN ditugaskan untuk mengembangkan sistem informasi danau untuk 15 danau prioritas, yang kemudian akan diperluas ke danau-danau lainnya di Indonesia.

Kolaborasi Penelitian dan Teknologi

Dalam pengembangan SI Danau, BRIN berkolaborasi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) dan Organisasi Riset Elektronika dan Informatika (OREI). Kolaborasi ini memastikan bahwa SI Danau dibangun dengan teknologi terkini dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Periset dari Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN, Arianto Budi Santoso, menyampaikan bahwa SI Danau dirancang sebagai repositori semua data pemantauan danau. Hal ini akan memungkinkan para pemangku kepentingan untuk mengakses informasi terkini dan membuat keputusan yang tepat untuk pengelolaan danau yang berkelanjutan.

Manfaat SI Danau untuk Pengelolaan Danau

SI Danau diharapkan memberikan sejumlah manfaat dalam upaya pelestarian danau di Indonesia, antara lain:

* Menyediakan data dan informasi terkini tentang kondisi danau
* Memfasilitasi kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar pemangku kepentingan
* Membantu pengambilan keputusan berbasis bukti untuk pengelolaan danau
* Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian danau
* Mendukung upaya konservasi dan restorasi danau

Dengan mengakses informasi yang komprehensif melalui SI Danau, para pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk mengelola dan melestarikan danau di Indonesia secara efektif, memastikan kesehatan ekosistem danau dan keberlanjutan sumber daya air untuk generasi mendatang.

Artikel ini disadur dari BRIN Luncurkan Portal SI Danau di World Water Forum 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *