Cara Aktifkan NFC HP OPPO Untuk Transaksi dan Transfer

 

Dengan hadirnya fitur NFC, kamu dapat melakukan berbagai hal secara langsung di ponsel seperti pembayaran digital, mengecek atau mengisi saldo kartu e-money, menduplikasi beberapa kartu akses, maupun transfer data antar ponsel.

Biasanya fitur NFC sudah langsung aktif sejak ponsel OPPO pertama kali dinyalakan, namun jika tidak maka kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk mengaktifkannya kembali.

Cara Aktifkan NFC HP OPPO dari Quick Settings

  1. Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  2. Quick Settings akan muncul.
  3. Cari dan pilih tombol NFC berikon N.
  4. Ikon akan menjadi berwarna yang menandakan fitur NFC aktif.

Cara Aktifkan NFC HP OPPO dari Settings

  1. Buka aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  2. Ketik keyword NFC pada kolom Search.
  3. Selanjutnya, pilih NFC di bagian Connection & sharing.
  4. Tekan tombol NFC hingga ikon menyala.
Selanjutnya kamu dapat menggunakannya untuk melakukan pembayaran digital pada merchant-merchant yang telah memiliki alat untuk mendukung transaksi dengan fitur NFC tersebut. Biasanya paling sering untuk saat ini fitur NFC dimanfaatkan untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money melalui aplikasi e-commerce.
Hal ini sangat berguna ketika saldo dari kartu e-money kamu sedang tipis saat ingin menaiki kendaraan umum, masuk ke jalan tol, maupun melakukan pembayaran di minimarket tanpa ingin mengantre lama.

Sementara untuk duplikasi dengan fitur NFC hanya bisa dilakukan apabila kartu akses tertentu saja yang mana biasanya tidak memiliki pengamanan rumit seperti kartu akses untuk Lift maupun ruangan apartemen dapat diduplikasi.

Apabila proses duplikasi berhasil, maka kamu hanya perlu mengaktifkan kartu virtual duplikasi dan menempelkan bagian belakang ponsel OPPO yang mengandung NFC ke sensor pembaca.

Sementara itu juga kedua perangkat yang punya fitur NFC aktif dapat melakukan transfer data secara instan dan langsung. Perlu dicatat juga bahwa tidak semua ponsel OPPO memiliki fitur NFC.

Dengan begitu jika tidak muncul logo NFC (N) pada perangkat OPPO yang kamu gunakan kemungkinan memang tidak menyediakan fitur nirkabel yang satu ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *