Ini Dia Ciri-Ciri HP Disadap yang Harus Anda Ketahui

 

Kini keberadaan handphone menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat. Baik di perkotaan hingga di pedesaan. Pasalnya, selain sebagai alat untuk berkomunikasi, ada banya fungsi handphone lainnya yang tidak kalah pentingnya.

Dimana, handphone bisa digunakan untuk membantu segala aktivitas manusia sehari-hari, seperti bekerja, sekolah, bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Akan tetapi, handphone rentan terhadap penyadapan. Karena jika HP anda disadap tentunya akan sangat berbahaya bagi anda sendiri.

Sebagai cara mengetahui HP disadap anda harus mengetahui ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri HP disadap yang perlu anda ketahui:

1. Menerima SMS atau WhatsApp Aneh

Jika HP anda menerima SMS atau WA yang aneh, itu bisa menjadi tanda HP anda sedang disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya SMS atau WA yang berisi ancaman atas apa yang tidak pernah anda lakukan. Apalagi jika SMS atau WA tersebut dikirim berulang kali yang dibarengi dengan nada aneh, atau setelan nada yang berubah dibanding setelan nada yang anda setel.

2. Pengurasan Baterai yang tidak normal

Jika daya baterai HP anda menjadi lebih cepat habis dari biasanya atau menjadi sangat panas selama pengunaan, bisa jadi HP anda sedang disadap oleh pihak lain. Jika hal ini terjadi pada HP anda, pertimbangkan untuk memeriksa penggunaan baterai HP anda. Hal ini dilakukan untuk membantu anda memahami apikasi mana yang menggunakan masa pakai baterai lebih tinggi.

Anda pantau penggunaan baterai selama beberapa hari sampai mengetahui bahwa HP anda menghabiskan baterai yang tidak perlu. Jika anda menemukan aplikasi asing, segera hapus dan setel ulang pabrik HP anda.

3. Suara latar belakang yang aneh

Munculnya suara latar belakang yang aneh selama panggilan bisa menjadi tanda HP anda sedang disadap. Misalnya anda mendengar suara gema, statis, dan bunyi klik saat menelpon. Jika masalah tersebut terjadi dan berlanjut, maka coba anda ubah lokasi atau uji dengan penelepon yang berbeda. Beberapa aplikasi mendeteksi suara frekuensi rendah yang dipancarkan dari perangkat yang disadap.

4. Periksa Kamera atau Mikrofon

Ciri HP disadap lainnya adalah jika anda melihat kamera, GPS, atau mikrofon menyala secara random tanpa membuka aplikasi apapun yang menggunakan hal yang sama. Mungkin saja ada pihak lain yang mendengarkan percakapan anda dan memperhatikan anda. Namun, untungnya smartphone modern mempunyai fungsi ini untuk memeriksa apakah sensor aktif.

5. Sulit Mematikan HP

HP yang disadap biasanya sulit untuk dinonaktifkan. Jika hal ini terjadi pada HP anda maka sudah layaknya waspada. Tanda-tandanya bisa anda kenali ketika ingin mematikan HP namun layar tidak bisa sepenuhnya mati. Tampilan layar meskipun sudah berwarna hitam tetap ada cahaya yang menyala. Selain itu, tombol untuk mematikan HP juga susah ditekan.

6. Tagihan Pulsa atau Paket Data Membengkak

Ciri atau tanda lainnya HP disadap adalah tagihan pulsa atau paket data yang semakin membengkak meskipun hanya dengan pemakaian wajar. Jika hal ini terjadi, maka anda perlu waspada, bisa jadi ada pihak lain yang memanfaatkan pulsa atau paket data HP anda. Ini bisa menjadi satu langkah penyadapan.

7. HP Jadi Lemot

Jika anda mengetahui kondisi HP yang tiba-tiba lemot, maka coba periksa lebih lanjut. Jangan-jangan HP anda memang sedang disadap dan sumber daya di dalamnya banyak disedot oleh pelaku. Hal ini disebabkan oleh aktivitas HP yang lebih banyak dari biasanya hingga menurunkan performa dari yang sebelumnya lancar saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *