Dampak Starlink pada Operator Telekomunikasi Lokal: Tanggapan Kemenkominfo

Pengaruh Starlink pada Sektor Telekomunikasi Lokal di Indonesia: Pandangan Kementerian Komunikasi dan Informatika

Starlink, Layanan Internet Satelit Elon Musk, Resmi Beroperasi di Indonesia

Jakarta, 17 Mei 2024 – Jaringan satelit internet milik Elon Musk, Starlink, telah resmi beroperasi di Indonesia. CEO SpaceX tersebut dijadwalkan meresmikan kehadiran layanan internet satelit ini dalam ajang World Water Forum di Bali.

Kekhawatiran Operator

Kehadiran Starlink di Indonesia menimbulkan kekhawatiran di kalangan operator seluler, terutama jika layanan tersebut menyasar langsung ke konsumen. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memaklumi keresahan ini, mengingat kehadiran teknologi baru kerap memicu turbulensi.

Respons Kominfo

Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo Ismail, Pemerintah memiliki tugas untuk melakukan harmonisasi berbagai peluang teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kominfo memastikan bahwa layanan Starlink dan operator seluler memiliki pasar yang berbeda.

Pelengkap Layanan Internet

Ismail menjelaskan bahwa Starlink menjadi pelengkap layanan internet di Indonesia karena mampu menjangkau daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau oleh operator. Layanan Starlink menyasar pasar unik yang tidak dapat dijangkau oleh provider lain.

Persaingan yang Sehat

Kominfo menekankan bahwa kehadiran Starlink merupakan bagian dari persaingan yang sehat dalam industri telekomunikasi. Masyarakat berhak menikmati berbagai jenis layanan internet, termasuk layanan satelit seperti Starlink.

Manfaat bagi Daerah Terpencil

Starlink memberikan solusi alternatif bagi daerah terpencil yang tidak memiliki akses internet. Hal ini penting bagi fasilitas vital seperti rumah sakit dan sekolah, yang membutuhkan konektivitas untuk memberikan layanan yang memadai.

Tujuan Utama: Kepuasan Masyarakat

Kominfo menegaskan bahwa tujuan utama kehadiran berbagai teknologi telekomunikasi adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam kasus Starlink, layanan ini menjadi pelengkap bagi upaya Pemerintah untuk menyediakan akses internet di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel ini disadur dari Kehadiran Starlink Bikin Operator Lain Resah, Ini Tanggapan Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *