KPK Kembali Periksa Azis Syamsuddin Terkait Pungli Rutan

**Judul Paragraf yang Dioptimalkan SEO:**

**KPK Selidiki Kembali Azis Syamsuddin Terkait Dugaan Pungli di Lapas**

Mantan Pimpinan DPR Diperiksa Terkait Pungli Rutan KPK

Jakarta – Mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK terkait dugaan pungutan liar (pungli) di Rutan KPK. Ini merupakan pemeriksaan kedua Azis dalam kasus yang sama.

Menurut Ali Fikri, Juru Bicara KPK, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengonfirmasi penyerahan uang kepada oknum petugas rutan KPK yang telah dipecat maupun sedang menjalani proses pidana.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan 15 tersangka dalam kasus pungli Rutan KPK, termasuk Kepala Rutan KPK dan pegawai negeri yang diperbantukan (PNYD) di Rutan KPK.

Kronologi Peristiwa

Kasus pungli di Rutan KPK terungkap setelah adanya laporan dari masyarakat dan investigasi internal KPK. Pemberian uang kepada oknum petugas rutan diduga terstruktur dan sistematis sejak 2019.

Besaran uang pungli yang diterima petugas mencapai Rp 6,3 miliar. Uang tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk membeli kendaraan hingga judi online.

Daftar Tersangka

Berikut daftar 15 tersangka kasus pungli Rutan KPK:

1. Achmad Fauzi (Karutan KPK)
2. Hengki
3. Deden Rochendi
4. Sopian Hadi
5. Ristanta
6. Ari Rahman Hakim
7. Agung Nugroho
8. Eri Angga Permana
9. Muhammad Ridwan
10. Suharlan
11. Ramadhan Ubaidillah A
12. Mahdi Aris
13. Wardoyo
14. Muhammad Abduh
15. Ricky Rachmawanto

Dampak Pungli Rutan KPK

Kasus pungli Rutan KPK merupakan pukulan telak bagi reputasi lembaga antirasuah tersebut. Praktik ini merusak kepercayaan masyarakat terhadap KPK dan menghambat upaya pemberantasan korupsi.

KPK telah mengambil langkah tegas dengan memecat oknum petugas rutan yang terlibat dan menuntut para tersangka sesuai dengan hukum yang berlaku.

KPK juga terus melakukan evaluasi dan perbaikan sistem di Rutan KPK untuk mencegah terulangnya praktik pungli di masa mendatang.

Artikel ini disadur dari KPK Kembali Periksa Azis Syamsuddin Terkait Pungli Rutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *