Menpora bahas Indonesi Quality Tourism Fund dengan Wamenparekraf

Menpora bahas Indonesi Quality Tourism Fund dengan Wamenparekraf

Ibukota –

Menteri Pemuda kemudian Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo serta Wakil Menteri Peluang Usaha Pariwisata serta Kondisi Keuangan Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, mengkaji Tanah Air Quality Tourism Fund (IQTF) yang digagas oleh Kemenparekraf.

Dalam laman Kemenpora yang dipantau dalam Jakarta, Selasa, Dito menyarankan terhadap Kemenparekraf untuk melibatkan Kemenpora pada pengelolaan dana tersebut, sebab mempunyai badan layanan umum (BLU) yang dimaksud telah lama berpengalaman di pengelolaan dana usaha, yaitu Lembaga Pengelola Dana Usaha Keolahragaan (LPDUK).

"Kalau saran saya, sanggup bekerja mirip dengan LPDUK, sebab LPDUK memang sebenarnya kami persiapkan untuk itu. Harapannya LPDUK ini mampu membiayai kegiatan kepemudaan lalu keolahragaan," kata beliau di Ruang Rapat Lantai 10 Graha Kemenpora.

Menpora membeberkan, kementerian yang dipimpinnya ketika ini sedang merencanakan untuk memperluas tugas juga fungsi LPDUK, sehingga cakupan pengelolaan yang dapat diwujudkan badan yang disebutkan di penyelenggaraan berubah-ubah kegiatannya berubah menjadi tambahan luas.

Dengan adanya rencana penyusunan ITQF, lanjut Dito, tentu hal itu sanggup menjadi momen kerja sejenis pada memaksimalkan peran tersebut.

Lebih lanjut ia membeberkan, jikalau nantinya disepakati LPDUK selaku pengelola dana kegiatan itu, maka penting dibicarakan lebih banyak lanjut khususnya berkaitan dengan payung hukum lalu nomenklaturnya.

Setelah itu, menurut menteri termuda di Kabinet Indonesi Maju tersebut, Kemenpora kemudian Kemenparekraf tentu akan mendiskusikan rencana penyusunan IQTF lebih banyak lanjut.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo yang hadir dengan jajaran Kemenparekraf memaparkan, kementeriannya berjanji mengembangkan sektor pariwisata berkualitas kemudian berkelanjutan.

Salah satu upaya yang direalisasikan adalah dengan merencanakan inisiatif IQTF.

"IQTF adalah acara pendanaan yang dimaksud bertujuan untuk menyokong event pariwisata yang tersebut berkemungkinan berubah jadi daya tarik wisata, meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga menyokong peningkatan perekonomian di dalam tempat tujuan wisata," kata Angela.

Ia menambahkan, salah satu aspek penting pada pengembangan acara IQTF adalah penyusunan kriteria juga skema pembiayaan event yang mana dapat didukung melalui acara ini.

Kemenparekraf mengkaji rencana itu dengan Kemenpora RI sebab pada antara event kepariwisataan yang dimaksud bersifat keolahragaan.

"Kami punya pekerjaan rumah yang dimaksud besar untuk menyokong atau mendanai kegiatan-kegiatan yang digunakan kaitannya dengan inisiatif pemerintah, seperti MotoGP juga Power Boat, dikarenakan kami mengawasi ada prospek besar pada kepariwisataan lalu keolahragaan," ujar Angela.

Artikel ini disadur dari Menpora bahas Indonesia Quality Tourism Fund dengan Wamenparekraf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *