PBSI menerbitkan pernyataan terkait cedera Meilysa Trias Puspitasari

PBSI menerbitkan pernyataan terkait cedera Meilysa Trias Puspitasari

Ibukota – Kepala Sektor Pembinaan lalu Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja memaparkan cedera yang tersebut diderita pemain ganda putri Meilysa Trias Puspitasari telah dilakukan mendapatkan penanganan kemudian perawatan agar sanggup pulih kembali.

Ricky, di jumpa pers di PBSI Cipayung, Kamis, mengemukakan bahwa cedera dialami oleh Trias pada waktu menjalani latihan dalam pelatnas pada pekan lalu. Saat itu, Trias mendarat di tempat yang mana tak tepat.

Hal itu pun menghasilkan Trias dengan pasangannya, Rachel Allessya Rose, harus mundur dari kompetisi Thailand Open 2024 pekan ini demi fokus pada perawatan cedera.

“Rachel/Trias kita tarik oleh sebab itu Trias mengalami cedera yang digunakan tidak ada memungkinkan untuk terlibat (bertanding) pada Thailand,” kata Ricky.

“Trias punya kemungkinan luar biasa. Semangatnya tinggi kemudian masuk ke Tim Uber Tanah Air kemarin. Kami minta penanganan yang digunakan cepat terhadap kelompok dokter, pun dengan kebijakan untuk mengambil bagian atau mundur dari Thailand, dan juga penanganan untuk Trias agar bisa saja aktivitas lagi,” ujar dia.

Sementara itu, dokter PBSI Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, PhD, SpOT(K), FICS, menyatakan Trias telah melakukan pemeriksaan lebih lanjut lanjut. Menurut hasil pemeriksaan serta MRI, cedera lututnya cukup berat, sehingga membutuhkan waktu rehabilitasi yang cukup lama.

“Proses penyembuhan setiap atlet tidaklah mampu disamakan, sehingga belum ketahuan sampai kapan waktu rehabilitasinya,” kata Prof. Nicolaas.

Menurut dia, cedera dapat bermetamorfosis menjadi momok yang besar bagi atlet, terlebih apabila pengambilan langkah untuk pemulihannya tidak ada tepat. Hal itu dapat mengancam tahapan penyembuhan kemudian kesempatan untuk kembali berada di performa terbaik.

“Maka dari itu, penanganan atlet sendiri, atlet juga harus berani cerita mengenai apa yang ia rasakan, sehingga beliau dapat kembali dari cedera serta siap berkompetisi. Penting juga untuk terus-menerus diberikan energi positif,” ujar Prof. Nicolaas.

Dengan mundurnya Meilysa/Rachel dan juga Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dari rangkaian tur Asia Tenggara, Ricky memaparkan grup berada dalam berkoordinasi untuk sementara ini memasangkan Rachel lalu Lanny, mengingat Trias yang dimaksud menderita cedera lalu Ribka yang mengundurkan diri dari dari pelatnas.

Pasangan Rachel/Lanny pun ditargetkan untuk mengikuti pertandingan BWF Super 100 Kaohsiung Masters 2024 ke Taipei, Taiwan.

“Ini ada diskusi panjang untuk mengikutsertakan Rachel serta Lanny ke Taipei, dan juga pembahasan panjang untuk ke depannya seperti apa,” kata Ricky.

Artikel ini disadur dari PBSI buka suara terkait cedera Meilysa Trias Puspitasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *