Pendaftaran Startup Studio Indonesia X IBM dibuka hingga 17 Mei

Pendaftaran Startup Studio Indonesia X IBM dibuka hingga 17 Mei

DKI Jakarta – Kementerian Komunikasi lalu Informatika membuka pendaftaran Startup Studio Negara Indonesia (SSI), yang digunakan pada saat ini dilaksanakan berkolaborasi dengan raksasa teknologi global IBM, hingga 17 Mei 2024.

SSI, yang hadir dengan bendera baru SSI X IBM, memberi kesempatan bagi perusahaan rintisan tahap awal jika Indonesia untuk "naik kelas" dengan mengikuti pembinaan secara intensif.

"Kolaborasi terbaru SSI dengan IBM diharapkan dapat membantu para startup untuk mencapai PMF (Product-market fit), menciptakan model finansial yang dimaksud berkelanjutan, juga miliki rencana solid di pencapaian profitabilitas," kata Direktur Sektor Bisnis Digital Direktorat Jenderal Aplikasi komputer Informatika Kementerian Komunikasi juga Informatika Boni Pudjianto pada siaran pers kementerian pada Selasa.

SSI X IBM ditujukan untuk membantu pendiri perusahaan rintisan dalam Negara Indonesia mencapai PMF serta membuka prospek bagi merek untuk menjadi mitra pembangun resmi IBM juga mendapatkan kesempatan ekspose ke jajaran klien dan juga sistem ekologi IBM.

Pendaftaran SSI X IBM terbuka untuk semua perusahaan rintisan digital Negara Indonesia dengan prioritas utama antara lain perusahaan rintisan yang beroperasi sebagai pendukung teknologi juga perusahaan rintisan tahap pendanaan bootstrap hingga Seri A.

Selain itu prioritas diberikan terhadap perusahaan rintisan yang telah miliki paid traction selama minimal enam bulan dan juga perusahaan rintisan yang tersebut tertarik untuk mengeksplorasi kerja identik dengan IBM di aspek pengembangan item dan juga bisnis.

Pendiri perusahaan rintisan yang dimaksud tertarik mengikuti inisiatif akselerasi ini mampu mendaftar di dalam laman resmi SSI (https://startupstudio.id/) paling lambat tanggal 17 Mei 2024.

Setelah mendaftar, perusahaan rintisan akan diundang untuk mengikuti dua pertemuan wawancara.

Pada akhir Mei 2024, banyaknya 20 perusahaan rintisan terpilih akan melakukan elevator pitch terhadap komite kurator, yang akan memilih 10 perusahaan rintisan paling relevan dengan kerangka kegiatan SSI X IBM.

Sepuluh perusahaan rintisan yang digunakan terpilih akan dapat mengikuti pertemuan Diagnosis dengan kelompok IBM untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan, juga pengembangan produk. Hasil diagnosis yang dimaksud yang dimaksud akan berubah menjadi dasar pengembangan kurikulum sepanjang kegiatan SSI berlangsung.

"Kami yakin materi ini akan bermanfaat bagi semua startup tahap awal, akibat itu kami mengundang semua pendiri untuk berpartisipasi di inisiatif inkubasi nasional ini," kata Boni.

Inisiatif akselerasi SSI dimulai pada akhir Juni dengan pembukaan Founder’s Camp, tempat perusahaan rintisan bisa melakukan pelatihan kelompok dengan jajaran praktisi terkemuka untuk mendiskusikan langkah-langkah pencapaian PMF.

Setelah itu, merekan akan mengikuti pertemuan Co-Creation and Coaching yang tersebut meliputi kesempatan bertukar pikiran dengan regu IBM, majelis penasihat SSI, lalu pembimbing berpengalaman untuk mengeksplorasi secara detail aspek produk, keuangan, penjualan, kemudian pengembangan perusahaan rintisan.

Rangkaian inisiatif SSI X IBM akan ditutup dengan Milestone Day. Pada kesempatan itu, para finalis berkesempatan memaparkan model industri dan juga pencapaiannya dalam depan para pemangku kepentingan terkait.

"Kami bangga bermetamorfosis menjadi mitra perdana inisiatif inkubasi nasional Startup Studio Indonesia. Mengingat rekam jejak SSI kemudian prospek digital Indonesia, kami siap membantu kemudian membina startup terpilih untuk scale up kemudian meningkatkan hasil bisnis," kata Presiden Direktur IBM Indonesi Roy Kosasih.

Hingga ketika ini, total sudah ada ada 132 perusahaan rintisan alumni SSI yang telah dilakukan mencatatkan pertumbuhan usaha lalu kenaikan traksi signifikan sejak mengikuti program.

Satu dari tiga alumni SSI (32 persen) berhasil mendapatkan pendanaan tahap lanjut juga 50 persen alumni SSI telah terjadi menjalin kerja identik strategis, baik dengan mitra swasta maupun pemerintah. Pendanaan yang tersebut diraih alumni SSI total mencapai lebih banyak dari Rp1 triliun.

Capaian-capaian yang disebutkan selaras dengan misi kementerian melaksanakan SSI, yakni untuk membantu 150 perusahaan rintisan tahap awal Nusantara "naik kelas" di hal jumlah agregat pengguna, total pendapatan, penyerapan tenaga kerja, kemudian pendanaan pada 2024.

 

Artikel ini disadur dari Pendaftaran Startup Studio Indonesia X IBM dibuka hingga 17 Mei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *