Polisi tangkap dua pencuri ban mobil pada parkiran ITC juga Koja

Polisi tangkap dua pencuri ban mobil pada parkiran ITC juga Koja

pelaku AMP disangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara

Jakarta – Polres Metro Ibukota Indonesia Utara menangkap dua pria berinisial AMP (25) lalu SHL (47) yang dimaksud terlibat aksi pencurian ban mobil yang mana sedang parkir pada dua lokasi pada Ibukota Indonesia yakni parkiran ITC Cempaka Mas serta RSUD Koja.

"Kami menangkap AMP yang digunakan merupakan pelaku aksi pencurian ban dari dua mobil yang dimaksud sedang parkir lalu pelaku SHL sebagai penadah ban hasil curian tersebut," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Umum Polres Metro AKBP Hady Saputra Siagian pada waktu jumpa pers pada Jakarta, Kamis.

Ia menyatakan pelaku AMP disangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Sementara pelaku SHL disangkakan pasal 480 KUHP sebab membantu kejahatan yakni dengan berubah menjadi penadah barang curian dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Ia menjelaskan pelaku AMP ini melakukan aksi pencurian pada Selasa (7/5) pada parkiran lantai empat ITC Cempaka Mas,  Ibukota Indonesia pusat sekitar pukul 11.00 WIB.

Dari posisi tersebut, dirinya mendapatkan tiga buah ban dan juga velg mobil dengan nomor polisi B 2685 PZQ kemudian yang tersebut kasusnya menjadi viral pada media sosial.

Kemudian pelaku AMP kembali melakukan aksi pencurian di RSUD Koja lalu mencuri tiga unit ban lalu velg mobil dengan nomor polis B 2216 UYB pada hari yang mana serupa pada pukul 20.00 WIB.

Setelah itu pelaku mengirimkan hasil curian dalam bentuk enam ban serta velg ke pelaku SHL yang digunakan berlokasi pada Jalan Raya Bekasi Cakung DKI Jakarta Timur.

"Ban yang dimaksud dijual 300 ribu per unit serta pelaku mendapatkan uang dari perdagangan yang dimaksud sebesar Rp1,8 juta," kata dia

Dari keterang pelaku, uang hasil kejahatan yang dimaksud dipergunakan untuk membayar utang.

AKBP Hady mengutarakan terperiksa AMP mencuri enam ban mobil itu oleh sebab itu terlilit utang sewa mobil.

“Terlilit hutang sewa mobil sebesar Rp10 juta,” katanya di dalam Polres Metro Ibukota Utara, Kamis (16/5)

Hadi menjelaskan terperiksa merupakan individu pengemudi ojek online (ojol) yang tersebut beraksi seseorang diri menggunakan mobil sewaan.

“AMP beraksi individu diri, memakai mobil yang disewanya per hari Rp350 ribu,” ucapnya.

Agar aksinya berjalan mulus, pelaku sengaja memilih jenis mobil yang mana menurut ia bannya enteng untuk dilucuti ketika sedang parkir.

Aksi pencurian ini,lanjutnya direalisasikan semata-mata membutuhkan waktu 20 menit.

“Pelaku sengaja memilih target (mobil) yang tersebut dianggapnya gampang untuk dipetik. Selain itu dalam tempat kejadian yang tidaklah terdeteksi kamera CCTV,” kata dia.

Sementara itu salah pribadi individu yang terjebak pencurian ban mobil pada parkiran RSUD Koja, Mutiara (26) mengucapkan terima kasih untuk pihak kepolisian sebab telah lama berhasil meringkus pelaku.

“Saya ucapkan terima kasih untuk Polres lalu semuanya dikarenakan perkaranya sudah pernah dibantu dengan baik, pokoknya sukses terus Polri,” katanya.

 

Artikel ini disadur dari Polisi tangkap dua pencuri ban mobil di parkiran ITC dan Koja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *