Panduan Lengkap: Mengapa Warga Indonesia Masih Membutuhkan Visa untuk Berkunjung ke Korea Selatan

Panduan Komprehensif: Persyaratan Visa untuk Kunjungan Warga Indonesia ke Korea Selatan

## Indonesia Masih Membutuhkan Visa untuk Kunjungi Korea Selatan: Alasan dan Hambatan

Jakarta – Warga negara Indonesia (WNI) masih diwajibkan memiliki visa untuk mengunjungi Korea Selatan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk tingginya angka pelanggaran visa (overstay) oleh WNI di Negeri Ginseng ini.

Tingginya Angka Pelanggaran Visa

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Korea Selatan mengungkapkan bahwa salah satu alasan utama tidak adanya program bebas visa antara Indonesia dan Korea Selatan adalah tingginya angka pelanggaran visa oleh WNI.

Menurut catatan KBRI, terdapat sekitar 61.013 Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Korea Selatan. Dari jumlah tersebut, sekitar 12.000 orang berstatus ilegal karena visa yang tidak valid. Artinya, hampir 20% WNI bekerja secara ilegal di Korea Selatan.

Perbandingan dengan Pekerja Migran China

Sebagai perbandingan, terdapat sekitar 600.000 pekerja migran asal China di Korea Selatan. Namun, jumlah pekerja migran China yang berstatus ilegal tidak mencapai 100.000 orang atau sekitar 16%.

Hambatan Hubungan Timbal Balik

Hambatan lainnya yang mempersulit implementasi bebas visa antara Indonesia dan Korea Selatan adalah sulitnya menciptakan hubungan yang timbal balik (reciprocal). Hal ini disebabkan karena Korea Selatan tidak memiliki sistem Visa on Arrival (VoA).

Saat ini, warga negara Korea Selatan dapat dengan mudah mengunjungi Indonesia menggunakan Visa on Arrival. Namun, WNI masih harus mengajukan visa fisik yang membutuhkan dokumen pendukung sebagai persyaratan.

“Jika kita meminta visa free, mereka juga akan meminta visa free untuk WN Korea Selatan,” ujar Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Korea Selatan, Zelda Wulan Kartika.

“Korea tidak punya Visa on Arrival, kita tidak bisa apple to apple. Jadi hanya bisa visa free atau kunjungan singkat,” lanjutnya.

Kesimpulan

Meskipun Indonesia telah berupaya untuk mendapatkan fasilitas bebas visa ke Korea Selatan, namun masih menghadapi tantangan yang signifikan. Tingginya angka pelanggaran visa dan perbedaan sistem pemberian visa menjadi hambatan utama dalam mewujudkan fasilitas bebas visa antara kedua negara.

Artikel ini disadur dari Terungkap Alasan WNI Belum Bisa Masuk Korea Selatan Bebas Visa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *